Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Menjadi pusat studi unggul dan berkualitas yang mampu berperan aktif dalam pengelolaan dan pemanfaatan kawasan dan sumberdaya pesisir dan kelautan melalui penelitian, pendidikan dan pelatihan serta pengabdian kepada masyarakat.

Misi

  1. Melakukan pengkajian, penelitian, pendidikan dan pelatihan serta penyebarluasan informasi untuk mendukung pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya pesisir dan kelautan secara berkelanjutan.
  2. Melakukan pembinaan dan pemberdayaan komunitas pesisir dan kelautan berdasarkan pada karakteristik ekosistem, peran serta masyarakat dan kearifan lokal.
  3. Melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pesisir dan kelautan yang ramah lingkungan, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan karya dalam bentuk publikasi baik nasional dan internasional yang terindeks dan bereputasi mengenai pengelolaan sumberdaya pesisir dan kelautan.
  2. Menghasilkan temuan-temuan model maupun teknologi yang teruji secara ilmiah tentang pengembangan dan pengelolaan sumberdaya pesisir dan kelautan.
  3. Menghasilkan kesepakatan maupun kerjasama antar lembaga, baik dari pemerintah maupun swasta di dalam maupun di luar negeri dalam pengembangan sumberdaya pesisir dan kelautan.
  4. Menghasilkan pengembangan kurikulum maupun metode pembelajaran baik berupa kajian, pelatihan dan pengabdian di bidang pesisir dan kelautan.
  5. Menghasilkan kelompok sasaran dan desa binaan dalam peningkatan dan pengelolaan sumberdaya pesisir dan kelautan berbasis kearifan dan ramah lingkungan.
  6. Membangun jejaring yang sinergis dengan pemangku kepentingan dalam rangka peningkatan akses sumberdaya pesisir dan kelautan.