Mangrove Workshop and Restoration

Mangrove Workshop and Restoration: “Sustainable Livelihood Based Mangrove” diselenggarakan oleh Yayasan KEHATI bekerjasama dengan Pusat Studi Pesisir dan Kelautan (PSPK) Universitas Brawijaya. Workshop ini dihadiri oleh beberapa instansi pemerintah, akademisi, perusahaan swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), peneliti, dan praktisi yang berkaitan dengan pelestarian mangrove.

Kegiatan ini dibuka pada pukul 08.30 WIB oleh Rektor Universitas Brawijaya (UB) bersama dengan ketua panitia, Dr.Sc. Asep Awaludin P., S.Pi., MP. (PSPK), Direktur Utama Yayasan KEHATI, Dekan FPIK UB, dan Pimpinan PT. Bank BRI wilayah Malang sebagai sponsor utama. Hari pertama, kegiatan diselenggarakan di Gedung Widyaloka, Universitas Brawijaya, Malang dan diawali dengan pemaparan materi seputar mangrove dan pelestarian serta pengelolaan ekosistemnya di Indonesia oleh Bapak Daniel Mudiarso (CIFOR), Bapak Antung Deddy Radiansya (KLHK), Mr. Miguel D. Fortes (University of The Philippines), dan Ibu Terry (KKP). Setelah pemaparan materi yang dihadiri oleh seluruh peserta undangan serta mahasiswa FPIK UB, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama.

Setelah break session, acara dilanjutkan dengan Forum Group Discussion (FGD). Peserta FGD dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama membahas tentang “Ecological Mangrove Rehabilitation” sedangkan kelompok kedua membahas tentang “Sustainable Mangrove Livelihood”. Peserta melakukan diskusi untuk merumuskan strategi yang tepat untuk memecahkan kedua permasalahan tersebut.

Kegiatan hari kedua dilanjutkan dengan field trip dan penanaman mangrove di Desa Tambakrejo, Sumber Manjing Wetan, Malang Selatan, Jawa Timur. Peserta berkumpul di Gedung Widyaloka UB dan berangkat pada pukul 08.00 WIB, setelah sarapan pagi. Di lokasi penanaman (Pantai Clungup, Malang Selatan), peserta mendapatkan pengarahan penanaman mangrove oleh Coastal Mangrove Community (CMC) selaku kelompok lingkungan setempat.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top