Diskanak Tuban Menggandeng Pusat Studi Pesisir dan Kelautan (PSPK) dalam Penyusunan Masterplan Kawasan Blu Green Ekonomi (BGE) Pegaraman Kabupaten Tuban

Tuban – Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban menggandeng Pusat Studi Pesisir dan Kelautan Universitas Brawijaya dalam Penyusunan Master Plan Pengembangan Kawasan Pegaraman di Kabupaten Tuban pada hari selasa tanggal 3 November 2020 di Kabupaten Tuban dan dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari Kecamatan Palang.

“Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah perlu ada upaya untuk mengembangkan usaha garam rakyat di Kabupaten Tuban. Salah satu langkah yang perlu dilakukan yaitu mencanangkan program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat atau Pugar” ujar Anthon selaku Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban.

Perlu adanya kajian tentang Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat atau Pugar untuk mengembangkan pegaraman di Kabupaten Tuban sebagai salah satu upaya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Selain itu salah satu upaya pemberdayaan Pugar yaitu Penyusunan Master Plan kawasan Blu Green Ekonomi (BGE).

Penyusunan BGE Pegaraman di Kabupaten Tuban dirumuskan agar pembangunan kawasan ini pada masa mendatang dapat mempertimbangkan kesesuaian lokasi lahan tambak garam, spesifikasi kawasan, lingkungan, serta dampak positif untuk pembangunan. Penyusunan Masterplan Kawasan BGE Pegaraman di Kabupaten Tuban diharapkan dapat menciptakan kawasan tambak garam terintegrasi di Kabupaten Tuban sehingga menjadi acuan untuk membuat kawasan BGE di Jawa Timur.

“Pengintegrasian dan pengoptimalan Sumber daya alamterestrial dan perairan, terutama laut dalam sustainable development sehingga terjadi  kawasan pegaraman berbasis  pembangunan BGE, yang menjadikan pegaraman sebagai salah satu sektor unggulan menuju Kabupaten Tuban mandiri garam yang berkualitas” ujar Andi Kurniawan selaku ketua pelaksana Penyusunan Master Plan Pengembangan Kawasan Pegaraman di Kabupaten Tuban (3/10/2020).

Kegiatan ini diharapkan dapat mempercepat dan memperluas pertumbuhan ekonomi daerah dengan hasil pembangunan dan kesejahteraan yang dapat dinikmati oleh masyarakat secara adil dan merata serta menjadikan tuban sebagai Kawasan Produksi Garam Terintegrasi di Pantai Utara Jawa Timur khususnya di Kabupaten Tuban.

“Harapannya dalam kegiatan kali ini diarahkan untuk dapat memberikan gambaran detail Rencana Strategis (Renstra) pengembangan produksi garam di Kabupaten Tuban dengan capaian targetan menuju Tuban mandiri garam berkualitas” ujar salah satu OPD dari Kecamatan Palang.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top