Kunjungan Staff Khusus Wakil Presiden ke Demo Farm Garam Pusat Studi Pesisir dan kelautan (PSPK) di Kecamatan Palang, Tuban

Tuban – Staff Khusus (Stafsus) Wakil Presiden bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur (Balitbang) dan perwakilan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rachmad Kuncoro didampingi oleh Andi Kurniawan, selaku Ketua Bidang Pengelolaan Lingkungan dan Sumber Daya Hayati Pesisir dan Laut PSPK UB melakukan kunjungan ke demo farm Tunnel Garam PSPK yang berada di Desa Lerenwetan, Kecamatan Palang pada hari senin (7/12/2020). Kunjungan Stafsus Wakil Presiden ini untuk mengetahui produksi dan kebermanfaatan dari metode produksi teknologi Greenhouse Salt Tunnel (GST). Penggunaan metode ini memungkinkan untuk produksi garam sepanjang tahun termasuk musim penghujan.

Pada kunjungan ini, Andi Kurniawan mengungkapkan bahwa demo farm Green House Salt Tunnel yaitu metode dengan menggunakan rumah kristalisasi garam. Peggunaan metode ini, produksi garam dapat dilakukan sepanjang tahun, sehingga metode ini sangat berguna bagi petani garam. Demo farm tunnel garam mampu menghasilkan NaCl diatas 90% setara dengan kualitas garam industri.

Area produksi 1 hektar dengan ukuran tunnel 44 m2 dapat dibangun sebanyak 14 tunnel yang terdiri dari 4 meja kristalisasi, 6 peminihan dan 4 tandon. Dari 4 meja kristalisasi tersebut masing-masing menghasilkan 300 Kg garam, dengan siklus panen 2 kali dalam 1 bulan dengan asumsi produksi 6 bulan di musim hujan dan 6 bulan di musim kemarau.

Pada kesempatan ini, perwakilan KKP mengatakan, produksi garam menggunakan Green House Salt Tunnel bertujuan untuk mengubah pandangan masyarakat bahwa produksi garam tetap bisa dilakukan walaupun pada saat musim penghujan sekalipun.

Model teknologi GST dilakukan dengan melakukan kerjasama antara Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban, Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa timur, Pusat Studi Pesisir dan Kelautan Universitas Brawijaya, dan PT. Kencana Tiara Gemilang .

Pada kunjungan ini Stafsus Wakil Presiden menyampaikan agar penelitian kerjasam ini dapat bermanfaat bagi petani garam, harapannya penerapan teknologi Green House Tunnel bisa diterapkan dan dikembangkan di seluruh kabupaten atau kota yang berada di Jawa Timur, atau bahkan di seluruh Indonesia. Adanya penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas garam yang ada di Jawa Timur.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top