PSPK UB Turut Andil dalam Penyusunan Master Plan Perikanan Budidaya 2020-2024

Ketua PSPK UB menjadi narasumber dalam penyusunan Masterplan Pembangunan Perikanan Budidaya 2020 – 2024. Kegiatan penyusunan ini dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion yang melibatkan berbagai stake holders perikanan di Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari aktivitas Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesi. FGD Penyusunan Masterplan Perikanan Budidaya ini dilakukan dari tanggal 20 sampai dengan 23 November bertempat di Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung.

FGD Penyusunan Masterplan dimulai dari proses analisis lingkungan strategis perikanan budidaya Indonesia dalam bentuk review atas isu dan permasalahan baik dalam aspek penawaran (produksi), permintaan (konsumsi domestik dan ekspor), pasar domestik dan ekspor, regulasi dan lingkungan domestik. FGD ini juga mencari gambaran proyeksi ke depan perikanan budidaya Indonesia dengan menggunakan analisis kesenjangan, analisis daya saing, analisis deskriptif regulasi, dan identifikasi arah dan kebijakan. Dalam kegiatan Penyusunan Masterplan ini juga dilakukan perancangan langkah-langkah strategis terkait arah dan kebijakan pengembangan perikanan budidaya nasional tahun 2020-2024. Dari diskusi yang dilakukan juga disusun target produksi perikanan budidaya tahun 2020-2024.

Keterlibatan PSPK UB dalam kegiatan FGD Penyusunan Masterplan Perikanan Budidaya Indonesia ini merupakan wujud peran serta PSPK UB dalam pembangunan bidang Perikananan dan Kelautan di Indonesia khususnya Perikanan Budidaya. Andi Kurniawan selaku Ketua PSPK UB menyatakan bahwa terlibat aktifnya PSPK UB dalam acara penyusunan ini, diharapkan dapat meningkatkan peran serta dan kontribusi PSPK UB dalam kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi di Universitas Brawijaya (23/11/2018).(Andi)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top