logo_pspk

SEJARAH

Potensi sumber daya intelektual dan fasilitas penunjang yang berkaitan erat dengan pemanfaatan pengelolaan kawasan dan sumberdaya pesisir dan kelautan di UB relatif kuat dan berkualitas. Alumni UB yang beraktifitas terkait pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya pesisir dan kelautan tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan tidak sedikit dari alumni UB memegang posisi kunci baik dalam pemerintahan dunia bisnis kewirausahaan sampai usaha pemberdayaan masyarakat.

Hanya saja, keterlibatan sumberdaya intelektual dan fasilitas penunjang terkait yang ada di UB masih belum terkoordinasi dengan baik. kondisi initerjadi baik dalam penyusunan konsep pemanfaatan dan pengelolaan, aktifitas di lapangan, ataupun pengkoordinasian kekuatan jaringan kerja yang dimiliki UB. Hal ini menyebabkan keterlibatan UB tidak bisa optimal padahal potensi sumberdaya intelektual dan fasilitas penunjang yang ada di UB relatif kuat dan berkualitas.

Mencermati kondisi diatas maka dipandang perlu untuk mendirikan Pusat Studi untuk mengkoordinasi dan mengoptimalkan aktifitas dan kontribusi civitas akademika UB dalam pemanfaatan dan pengelolaan kawasan dan sumberdaya pesisir dan kelautan secara arif-berkelanjutan, maka dari itu dibentuklah Pusat Studi Pesisir dan Kelautan pada tanggal 23 Desember 2015, PSP UB secara resmi berdiri melalui SK No. 1789/UN.1021/KP/2015.

 

TENTANG PSPK

PSPK UB merupakan Pusat Studi dibawah koordinasi LPPM UB dengan tugas pokok mengkoordinasi dan mengoptimalkan aktifitas dan kontribusi civitas akademika UB dalam pengembangan dan penerapan IPTEK untuk mendukung pemanfaatan dan pengelolaan kawasan dan sumberdaya pesisir dan kelautan secara arif dan berkelanjutan. Bidang-bidang: 

a) Pengelolaan Lingkungan dan Sumberdaya Hayati Pesisir dan Laut 

b) Akuakultur Berkelanjutan dan Bioteknologi Pesisir dan Laut 

c) Kebijakan dan Hukum Pesisir dan Laut d) Pencemaran dan Mitigasi Bencana Pesisir

 

VISI

MISI

TUJUAN

Menjadi pusat studi unggul dan berkualitas yang mampu berperan aktif dalam pengelolaan dan pemanfaatan kawasan dan sumberdaya pesisir dan kelautan melalui penelitian, pendidikan dan pelatihan serta pengabdian kepada masyarakat.

1) Melakukan pengkajian, penelitian, pendidikan dan pelatihan serta penyebarluasan informasi untuk mendukung pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya pesisir dan kelautan secara berkelanjutan.

2) Melakukan pembinaan dan pemberdayaan komunitas pesisir dan kelautan berdasarkan pada karakteristik ekosistem, peran serta masyarakat dan kearifan lokal.

3) Melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pesisir dan kelautan yang ramah lingkungan, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

1) Menghasilkan karya dalam bentuk publikasi baik nasional dan internasional yang terindeks dan bereputasi mengenai pengelolaan sumberdaya pesisir dan kelautan.

2) Menghasilkan temuan-temuan model maupun teknologi yang teruji secara ilmiah tentang pengembangan dan pengelolaan sumberdaya pesisir dan kelautan.

3) Menghasilkan kesepakatan maupun kerjasama antar lembaga, baik dari pemerintah maupun swasta di dalam maupun di luar negeri dalam pengembangan sumberdaya pesisir dan kelautan.

4) Menghasilkan pengembangan kurikulum maupun metode pembelajaran baik berupa kajian, pelatihan dan pengabdian di bidang pesisir dan kelautan.

5) Menghasilkan kelompok sasaran dan desa binaan dalam peningkatan dan pengelolaan sumberdaya pesisir dan kelautan berbasis kearifan dan ramah lingkungan.

6) Membangun jejaring yang sinergis dengan pemangku kepentingan dalam rangka peningkatan akses sumberdaya pesisir dan kelautan

STRUKTUR ORGANISASI

Secara organisatoris Pusat Studi Pesisir dan Kelautan merupakan pusat studi yang bergerak dibidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang secara struktural dibawah LPPM UB.

Dalam melaksanakan tugas, Ketua PSPK dibantu oleh Sekretaris, Bidang Pengelolaan Lingkungan dan Sumber Daya Hayati Pesisir dan Laut, Bidang Akuakultur Berkelanjutan dan Pengelolaan Hasil Perikanan, Bidang Kebijakan Sosial Ekonomi dan Hukum Perikanan dan Laut. 

  1. Ketua : Riski Agung Lestariadi, S.Pi., M.P.,M.BA., Ph.D. 

Sekretaris : Citra Satrya Utama Dewi, S.Pi., M.Si.

Bidang Pengelolaan Lingkungan dan Sumber Daya Hayati Pesisir dan Laut 

  1. Andi Kurniawan, S.Pi., M.Eng., D.Sc. (Ketua)
  2. Ir. Sukandar, M.P.
  3. Ir. Mulyanto, M.Si.
  4. Dr. Ir. Guntur, M.S.
  5. Fuad, S.Pi., M.T.

Bidang Akuakultur Berkelanjutan dan Pengelolaan Hasil Perikanan

  1. Dr. Ir. muhammad Musa, M.S. (Ketua)
  2. Ir. Maftuch, M.Si.
  3. Jadfan Sidqi Fidari, ST., M.T. 
  4. Dr.Eng. Tri Budi Prayogo, S.T., M.T.
  5. Abdul Aziz Jaziri, S.Pi., M.Sc.

Bidang Kebijakan Sosial Ekonomi dan Hukum Perikanan dan Laut

  1. Rika Kurniaty, S.H., M.A., Ph.D.
  2. ZOra Febriena Dwithia H.P., S.H., M.Kn.
  3. Ikaningtyas, S.H., LL.M.
  4. Iwan Nurhadi, S.Sos., M.Si. 
  5. Lina Asmara Wati, S.Pi., M.P., M.BA.

STAFF PENELITI

  • Staff Asisten Peneliti
    1) Abd. Aziz Amin, S.Pi., M.Sc
    2) Lutfi Nimatus Salamah, S.Pi., M.Eng
    3) Adi Tiya Yanuar, S.Kel., M.Sc
  • Staff Administrasi
    1) Imam Mohamad Bagus, S.Pi
    2) Rosalinda Rahmadhini, S.Pi

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top